13 Program Unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga

Foto : kemenpora.go.id

INFONAWACITA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memasuki tahun kedua. Kementerian Pemuda dan Olahraga di bawah kepemimpinan Imam Nahrawi di tahun 2016 ini mengeluarkan 13 program unggulan yang diharapkan manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya para pemuda dan olahragawan. Apa saja sih program unggulan yang dicanangkan oleh Imam Nahrawi di Kemenpora, yuk kita simak.

  1. Pemuda Relawan Antisipasi Bencana Alam

Indonesia yang kerap kali diterpa bencana alam, membuat kemenpora harus turut ikut andil dalam mengatasi bencana alam. Program ini dikhususkan buat pemuda yang ingin menjadi relawan tanggap bencana dan peduli sosial dan juga siap dikirim kemana saja di lokasi dimana bencana alam terjadi. Buat kalian yang tertarik dengan program ini, kemenpora di tahun 2017 mendatang akan merekrut 3.400 pemuda, yang akan dilatih dan  disiapkan sebagai relawan.

  1. Kota Layak Pemuda

Kemenpora dengan program kota layak pemuda akan mengidentifikasi beberapa kota yang memiliki standar dan potensi menjadi kota layak pemuda, dan juga pemerintah akan memberikan penghargaan kepada kota-kota yang akan konsern terhadap pengembangan pemudanya.

  1. Pemuda Tani

Program ini ditujukan buat kalian para pemuda yang memiliki minat di dalam sektor pertanian dan juga bisa mendorong pemuda lainnya untuk lebih mencintai dunia pertanian, khususnya petani demi tercapainya kemandirian pangan nasional. Dalam program ini pemuda akan dilatih untuk bisa menghidupkan lahan pertanian menjadi lahan produktif dan menggerakkan produksi pertanian.

  1. Pemuda Maritim

Buat kalian yang peduli pada pengembangan daerah pesisir, program kemenpora yang satu ini cocok buat kalian. Tujuan program ini untuk mengembangkan daerah pesisir, pengelolaan SDA, dan pengembangan potensi wisata kemaritiman. Di tahun 2016 ini Kemenpora akan merekrut lebih dari 700 kader pemuda maritim yang akan tersebar di 15 kabupaten di daerah pesisir. Untuk kegiatan dilapangan, pemuda maritim ini akan fokus pada pendidikan  kesehatan, pengembangan wisata maritim, dan pengembangan ekonomi produktif berbasis komoditas laut.

  1. Pemuda Pelopor

Program ini program pemilihan pemuda pelopor setiap tahunnya dimana  kegiatana ini bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan dari pemerintah terhadap pemuda Indonesia. atas prestasi dan kontribusi untuk kemajuan masyaraka di bidang kewirausahaan, pendidikan, teknologi tepat guna, seni budaya dan pariwisata serta kebaharian/kelautan sebagai inspirasi dan motivasi bagi pemuda lainnya.

  1. Pemuda Kreatif

Untuk kamu yang berminat di bidang kreatif, nampaknya program ini cocok buat kalian, Kemenpora telah berkomitmen mencetak 14 ribu pemuda kreatif yang bergerak di berbagaia bidang di antaranya musik, kuliner, seni dan juga gerakan Move On Project.

  1. Sarjana Penggerak Pedesaan.

Pemuda kembali ke desa? Kenapa tidak, program ini diharapkan menambah rasa percaya diri para sarjana untuk berpartisipasi secara langsung dalam membangun desa dan menjadikan desa sebagai pusat untuk menata kehidupan yang lebih mapan. Sehingga di masa yang akan datang kesenjangan antara kehidupan masyarakat kota dan di perdesaan menjadi berkurang.

  1. Pemimpin Muda

Program ini cocok buat  kalian yang bercita-cita menjadi seorang pemimpin. Kemenpora juga akan menyasar pemuda untuk dicetak jadi pemimpin muda. Tiap tahun kurang lebih kemenpora akan mencetak 1000 pemuda yang akan dilatih langsung oleh kemenpora dengan berbagai format pelatiahn guna menciptakan para pemimpin muda

  1. Wirausaha Muda

Indonesia masih kekurangan jumlah pengusaha, kebanyakan pemuda masih berientasi untuk menjadi PNS. Melalui Program ini, kemenpora menargetkan  500 pemuda dengan 500 usaha rintisan. Selain itu Menpora juga telah mempersiapkan sentra kewirausahaan di daerah.

  1. Pemuda Relawan Anti Narkoba.

Indonesia sedang mengalami darurat Narkoba, olehnya itu dengan program ini diharapkan bisa  mereduksi minat dari pemuda terhadap penyalahgunaan narkoba dan menjadikan pola hidup sehat tanpa narkoba. Nantinya para pemuda akan dijadikan kader anti narkoba, untuk sasarannya adalah sebanyak 39.000 pemuda di 1500 desa. Pada tahun 2016 Kemenpora RI akan mengambil pilot project di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  1. Pusat Pelatihan Pemuda.

Program ini dicanangkan sebagai langkah agar Indonesia memiliki pusat-pusat pendidikan dan pelatihan terpadu bagi atlet pelajar

  1. Pemuda Cinta Damai Lintas Agama.

Program ini diharapkan mampu mencetak pemuda yang toleran, cinta damai, dan bisa menghormati perbedaan lintas agama, sehingga konflik antar keyakinan dapat di kurang secara signifikan.

  1. Bank Musik.

Bank Musik diharapkan mampu melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya bidang musik, memperkenalkan warisan musik yang dimiliki bangsa Indonesia baik alat musik dan bunyinya dengan cara yang menarik dan mudah diakses oleh masyarakat dan khususnya pemuda

Itu dia 13 program unggulan Kemenpora yang diluncurkan pada tahun ini. Keseluruhan program tersebut diharapkan mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya para pemuda dan penggiat olahraga. Bagaimana kalian tertarik? (IR)