Sukseskan Program Satu Juta Rumah, Ini 3 Strategi Kementerian PUPR

Ilustrasi (Foto: rumah123.com)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong tercapainya target program satu juta rumah. Untuk mencapai target, tiga strategi dijalankan Kementerian PUPR.

Strategi pertama adalah pemerintah pusat dan pemerintah daerah memberikan bantuan penyediaan perumahan untuk masyarakat melalui pembangunan rumah susun sewa, rumah khusus dan program bedah rumah untuk masyarakat melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi pemerintah yang dibangun pengembang.

“Total pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh pemerintah dan Pemda berkisar 20% dari target yang telah ditetapkan. Program Satu Juta Rumah memang di prioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memang memerlukan bantuan pemerintah sehingga mereka bisa hidup di rumah yang layak huni,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin dalam siaran persnya beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari kontan.co.id.

Kedua, lanjutnya, pemerintah memberikan bantuan atau subsidi pembiayaan perumahan kepada masyarakat dan para pengembang yang berkontribusi dalam pembangunan rumah susbidi melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan subsidi selisih suku bunga (SSB).

Melalui bantuan pembiayaan perumahan tersebut, lanjut Syarif, pemerintah berharap daya beli masyarakat terhadap perumahan bisa meningkat. Kontribusi subsidi pembiayaan ini sekitar 30 %.

Sedangkan strategi ketiga adalah intervensi pemerintah dalam hal kemudahan perizinan pembangunan perumahan di daerah bagi para pengembang.

Pemerintah berharap seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan baik kementerian/ lembaga pemerintah, pemerintah daerah, pengembang, perbankan, sektor swasta dan masyarakat bisa mendukung penuh pelaksanaan Program Satu Juta Rumah ini.(AR)