Setahun, Saber Pungli Ungkap 1.316 Kasus

Ilustrasi (Foto: detak.co)

INFONAWACITA.COM – Dalam setahun terakhir, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) berhasil mengungkap 1.316 kasus melalui operasi tangkap tangan (OTT). Ini terjadi di berbagai instansi di Indonesia.

Kepala Satgas Saber Pungli Komjen Pol Dwi Priyatno mengungkapkan hal tersebut, Minggu (12/11), di Jakarta. “Itu di seluruh Indonesia, selama kurang lebih setahun sejak Saber Pungli dibentuk,” kata Dwi.

Menurut Dwi, kasus-kasus tersebut banyak ditemukan di daerah dibandingkan di pusat. “Banyak di bidang pendidikan, penegakan hukum, perizinan, kepegawaian,” katanya.

Dari ribuan OTT kasus pungli tersebut, sebanyak 300 kasus telah divonis pengadilan. “Yang lainnya masih lidik (penyelidikan), sidik (penyidikan), P19 (berkas belum lengkap), penuntutan,” katanya.

Untuk menekan terjadinya kasus Pungli, pihaknya terus menyosialisasikan pemberantasan praktik Pungli kepada masyarakat. Satgas berharap dengan sosialisasi pemberantasan Pungli secara rutin, masyarakat berani untuk menolak pungutan liar serta melapor ke polisi bila mengetahui adanya praktik tersebut di lingkungan mereka.(AR/ANT)