Riau Masih Kekurangan Tenaga Dokter

foto: istimewa

INFONAWACITA.COM – Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim saat menghadiri kuliah kebangsaan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, mengeluhkan kurangnya lulusan kedokteran di provinsi setempat.

Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh rencana UIN Suska Riau untuk membuka Fakultas Kedokteran yang sudah diancang-ancang sejak 2007 lalu, diharapkannya segera terwujud.

“Dokter masih kurang, kami perlu sarana untuk mencetak dokter. Rencana dibentuknya Fakultas Kedokteran di UIN Suska sudah sejak sepuluh tahun lalu. Mudah-mudahan kedatangan pak Menteri memberi angin segar agar ini segera terealisasi,” harap Wagub Wan Thamrin Hasyim di Pekanbaru, Selasa (14/11)

Wan Thamrin sempat bercerita mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Riau yang berdiri megah di Jalan Diponogoro yang diusulkan dibangun dengan anggaran Rp80 miliar telah mencetak lulusan kedokteran yang mengisi rumah sakit daerah.

“Dulu saya ingat sekali, bangunan megah Fakultas Kedokteran UR sekarang, pas Pak LE (Lukman Edi) jadi Anggota Banggar DPRD Riau mengabulkan anggaran untuk membangun, sekarang hasilnya bisa kita nikmati, lulusan kedokteran terbaik,” ujar Whan Thamrin.

“Meski sudah ada Fakultas Kedokteran dari UR dan Tabrani. Namun masih kurang SDM kedokteran kita,” ujar Whan Thamrin.

Fakultas Kedokteran UIN Suska Riau

Diharapkan Whan Thamrin, kehadiran Menristekdikti dapat memberikan kelonggaran pendirian Fakultas Kedokteran di UIN Suska Riau.

Sementara Menristekdikti Mohamad Nasir menyambut baik rencana itu, dikatakannya proses akan diberi kemudahan sepanjang pembangunan fakultas kedokteran dapat mencetak SDM yang berkompeten dan profesional.

“Saya tentu mendukung untuk membuat fakultas kedokteran, karena pada prinsipnya kita ingin implementasi ditekankan, lambangkan jika pendidikan yang baik, kesehatan baik maka ekonomi tentu akan baik. Proses silahkan dilanjutkan kami kawal jika ingin buka fakultas kedokteran di Riau,” ujar Menteri disambut gemuruh sorak mahasiswa. (ANT/HG)