Presiden Jokowi: ASEAN Harus Bermanfaat Bagi Rakyatnya dan Dunia

Presiden Jokowi bersama para Kepala Negara ASEAN di Manila, 13 November 2017. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo berbicara pada Pleno KTT ASEAN ke-31 yang diselenggarakan di Philippines International Convention Center Manila, Filipina, Senin (13/11). Ia menginginkan ASEAN tidak berpuas diri agar bermanfaat bagi rakyatnya dan dunia.

Di awal sambutannya, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa ASEAN telah berdiri selama 50 dan telah mampu menciptakan ekosistem stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara.

“Namun kita tidak boleh puas dengan capaian ini. Tantangan kita ke depan tetap sangat lah berat,” ucap Presiden Jokowi, seperti disampaikan dalam pernyataan tertulis Sekretariat Presiden yang diterima Infonawacita.com.

Oleh karena itu, ASEAN harus kuat, bersatu dan mampu menjaga sentralitas kita.

“Kita harus mampu menjadikan ASEAN sebuah asosiasi yang tidak saja dihormati masyarakatnya namun juga dihormati dunia,” tutur Presiden Jokowi.

Jika ASEAN ini maju lebih cepat dan relevan dengan perkembangan dunia maka diperlukan collective leadership yang kuat dan tanggung jawab yang tinggi. “Kita dapat merespon perkembangan dengan cepat,” ujar Presiden Jokowi.

“Mari bersama kita jadikan ASEAN sebuah asosiasi yang kokoh dan bermanfaat bagi rakyatnya dan bermanfaat bagi dunia,” ujar Presiden.