Perkuat Kerja Sama Energi, Jonan Bertemu Perwakilan Tiongkok

Menteri ESDM Ignasius Jonan saat menjadi pembicara dalam "Innovation For Growth: Indonesia's Partnership With US Investors" di Jakarta, Kamis, 2 November 2017. (foto: Kementerian ESDM)

INFONAWACITA.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar hari ini melakukan bilateral meeting dengan Administrator National Energy Administration (NEA) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), H.E. Nur Bekri pada “The 5th Indonesia-China Energy Forum (ICEF V)”. Pertemuan itu dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama energi di masa depan.

Seperti rilis yang diterima Infonawacita.com pada Senin (13/11) pada penyelenggaraan ICEF ke-5 ini, ditandatangani juga Memorandum of Understanding (MoU) atau Kerja Sama Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral. MoU ini akan menjadi payung kerja sama kedua negara.

Kedua pihak juga telah melaksanakan pertemuan bilateral dalam Working Group. Terdapat dua Working Group, yaitu minyak, gas bumi dan batubara; serta energi baru, terbarukan dan ketenagalistrikan. Pertemuan bilateral ini diharapkan menjadi forum para pihak untuk melanjutkan kerja sama ke tahap kegiatan yang konkret.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002, ICEF selalu menjadi forum bilateral yang bermanfaat bagi sektor energi kedua negara. Pada penyelenggaraan sebelumnya, ICEF menjadi platform untuk memulai kerja sama yang konkret antar BUMN dan perusahaan kedua negara. Diharapkan juga dapat menjadi pendorong bagi kedua pihak untuk melanjutkan dan meningkatkan kerja sama energi di masa depan.

Sebelumnya, pada 11 dan 12 November 2017, Delegasi The 5th Indonesia-China Energy Forum melakukan kunjungan lapangan ke Museum Konferensi Asia Afrika (Museum KAA) serta Museum Geologi Kementerian ESDM di Bandung, Provinsi Jawa Barat dan ke PLTU Jawa VII, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. (DS/yi)