Penerbangan Meningkat, Bandara Oesman Sadik Akan Diperluas

Bandara Oesman Sadik (Foto: patriorbhayangkara.id)

INFONAWACITA.COM – Bandara Oesman Sadik, Halmahera Selatan akan diperluas, menyusul tingginya aktivitas penerbangan di bandara tersebut.

“Pemkab saat ini mulai mempersiapan untuk pekerjaan perluasan Bandara tersebut, salah satunya yakni dilakukan pembebasan lahan masyarakat yang ada di sekitar Bandara,” kata Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, dikutip dari siaran pers yang dilansir Antara akhir pekan kemarin.

Ditambahkan Bahrain, lahan masyarakat akan segera dibebaskan karena proses pekerjaan perluasan bandara itu sudah akan dikerjakan 2018 mendatang.

“Tentunya Pemda siap bebaskan lahan masyarakat karena 2018 sudah mulai pekerjaan dan rencananya landasan pacu Bandara Oesman Sadik Labuha ini akan diperpanjang hingga menjadi 2.500 meter sehingga bisa didarati pesawat berbadan besar,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Bahrain, panjang landasan baru sekitar kurang lebih 1.600 meter, karena itu untuk perluasan bandara tersebut masih dibutuhkan tambahan lahan kurang lebih 800 meter. Untuk pembebasan lahan tersebut, Pemda Halmahera Selatan telah mengalokasikan anggaran melalui APBD perubahan 2017.

“Untuk anggaran pembebasan lahan di 2017 ini kita sudah siapkan anggaran sekitar Rp 13 miliar melalui APBD perubahan, tetapi itu untuk semua lahan yang rencana dibebaskan, tidak hanya untuk bandara,” katanya.

Sedangkan, untuk pekerjaan perluasan landasan pacu ini sudah akan dimulai 2018 mendatang, karena semua kesiapan termasuk masalah lahan sudah harus dituntaskan tahun ini.

Penambahan landasan pacu bandara Oesman Sadik tersebut diusulkan Bupati kepada Menko Maritim saat berkunjung ke Halmahera Selatan baru-baru ini. Usulan itu langsung disanggupi Menko Maritim dengan menghubungi Menteri Perhubungan dan dijanjikan 2018 mendatang untuk perluasan bandara sepanjang 2.500 meter.(AR)