Pemerintah Terima Masukan Masyarakat Terkait Penyederhanaan Golongan Listrik

sumber: esdm.go.id

INFONAWACITA.COM – Pemerintah berjanji akan menerima masukan dari masyarakat terkait penyederhanaan golongan listrik. Hal ini agar memastikan bahwa semua masalah teknis terkait kebijakan tersebut nantinya dapat berjalan dengan baik dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengungkapkanhal ini. Dijelaskannya pula, satu hal yang sudah pasti jika kebijakan ini tidak akan berdampak sama sekali pada tarif listrik yang akan dibayarkan oleh masyarakat.

“Tidak ada perubahan harga kalau kebijakan ini (nantinya) berjalan. Kebijakan ini masih dalam proses pengkajian oleh Pemerintah dan PLN, masih akan ada fokus group discussion (FGD), public hearing yang terbuka bagi masyarakat untuk memastikan bahwa kebijakan ini mendapat dukungan dari masyarakat untuk dilaksanakan,” kata Dadan seperti dalam rilis resminya pada Selasa (14/11).

Dadan juga berjanji jika satu-dua minggu ke depan Pemerintah bersama PLN akan melaksanakan komunikasi dengan publik untuk memastikan bahwa semua masalah teknis dapat berjalan termasuk biaya yang harus ditanggung akibat kebijakan penyederhanaan tarif ini.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan polling untuk menjaring pendapat masyarakat.

“Kita akan coba polling dalam satu-dua minggu ke depan. PLN akan mengkoordinasikan polling melalui berbagai media. Jika hasilnya meyakinkan dan secara teknis kita juga siap maka akan segera (ditetapkan),” ungkapnya.

Kebijakan penyederhanaan hanya berlaku bagi pelanggan dengan golongan 900 VA (nonsubsidi), akan didorong menjadi 1.300 VA, kemudian untuk yang 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA dan 4.400 VA akan naik menjadi 5.500 VA dan tarifnya tetap.

“Untuk tarif di atas 5.500 VA itu akan menjadi 13.200 VA, itu juga tarifnya sama (tidak berubah), kemudian di atas itu (13.200 VA) akan loss stroom,” ujar Dadan. (DS/yi)