Pemerintah Pastikan Pangkas Bunga KUR Jadi 7%

Ilustrasi (Foto: Harianjogja.com)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan pemangkasan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 9 persen menjadi 7 persen rampung akhir tahun ini dan bisa diterapkan pada 2018.

Kendati demikian, dia mengakui pembahasan terkait bunga KUR tak mudah dan masih membutuhkan waktu. Demikian disampaikan Darmin awal pekan ini, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Dijelaskan Darmin, dengan penurunan bunga utang, penyaluran KUR bisa semakin luas dan mengurangi beban pengembalian kredit bagi nasabah sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

Selain melakukan penyesuaian suku bunga KUR, lanjut Darmin, pemerintah juga terus menambah bank penyalur, mengikutsertakan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) sebagai penyalur, mengikutsertakan koperasi sebagai penyalur, serta menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan KUR.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Perekonomian, realisasi penyaluran KUR sampai akhir September lalu telah mencapai Rp 69,7 triliun atau sekitar 65,38 persen dari total anggaran yang disetujui sebesar Rp 106,6 triliun.(AR)