Pemerintah Akan Buka Lagi Tes CPNS di 2018

Ilustrasi (Foto: cpns2016.com)

INFONAWACITA.COM – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengungkapkan jika pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

“Insyallah tahun depan kita akan buka lagi formasi umum per kabupaten dan provinsi,” kata Asman di Makassar, seperti dikutip dari tempo.co pada Jumat (10/11).

Nantinya, kata Asman, formasi yang dibuka berdasarkan atas usulan dari bupati dan gubernur setiap daerah. Hal ini agar pemerintah mengetahui bidang apa saja yang dibutuhkan suatu daerah. Misalnya saja apakah suatu daerah membutuhkan PNS di bidang kesehatan, pendidikan atau apa saja yang menjadi prioritas daerah masing-masing.

Asman berujar, hanya kepala daerah yang mengetahui masing-masing bidang yang dibutuhkan setiap daerah. Maka dari itu pemerintah masih belum bisa menentukan kuota pegawai yang akan diterima.

Ia pun berharap Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan pemerintah daerah benar-benar mengkaji kebutuhan pegawai seperti apa yang dibutuhkan.

“Kita akan buka secara nasional , tapi kita juga hitung kemampuan keuangan negara termasuk syarat belanja daerahnya. Enggak boleh lebih dari 50 persen, kalau ada belanja daerah sampai 70 persen lalu tambah lagi pegawai nanti uangnya habis belanja pegawai saja,” tuturnya.

Asman mengungkapkan saat ini jumlah honorer mencapai 4,3 juta orang dengan 1,1 juta di antaranya berasal dari kategori II. Karena itu, dia pun mengisyaratkan nantinya bakal memprioritaskan rekrutmen CPNS yang berasal dari honorer. (*/DS/yi)