Pasti, Penambahan Daya Listrik Tidak Akan Dikenakan Biaya

Warga memeriksa meteran listrik prabayar sebelum diisi ulang. (foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ss/kye/15)

INFONAWACITA.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjelaskan jika seharusnya masyarakat senang dengan wacana peningkatan daya listrik oleh Pemerintah. Apalagi peningkatan daya listrik ini gratis dan tidak dikenakan kenaikan tarif.

Pemerintah sendiri berencana untuk menambah daya listrik pelanggan nonsubsidi. Rencananya golongan pelanggan 450 VA dan 900 VA hanya akan ditujukan bagi pelanggan subsidi. Sedangkan pelanggan nonsubsidi nantinya berlangganan listrik 1300VA, 4400VA, dan seterusnya.

Pemerintah pun menjamin jika pada kenaikan daya ini pelanggan masih tetap bisa merasakan tarif seperti 900VA. Bahkan pemerintah berencana tidak akan mengenakan biaya pemasangan bagi pelanggan yang menginginkan penambahan daya listrik.

“Kalau dulu kan sudah permintaannya agak lama, ya bayar mahal pula biasanya, tinggi lah ongkosnya, sekarang enggak lagi,” kata Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta pada Selasa (14/11).

Meminta pendapat masyarakat

Namun, untuk melihat respon dan kebutuhan masyarakat Kementerian ESDM pun sudah meminta PLN untuk mensurvei pendapat masyarakat.

“Saya sudah minta PLN untuk membuat FGD (Focus Groud Discussion) dan survei secara online, mungkin gunakan juga portal-portal komersial mudah-mudahan 1 sampai 2 minggu ini selesai, biar PLN menjelaskan tanggapan masyarakat bagaimana,” kata Jonan.

Jonan menjelaskan polling ini akan diberikan kepada pelanggan listrik non subsidi 900VA. Menurutnya hal ini agar dapat melihat kebutuhan daya listrik masyarakat apakah ada dikisaran angka 900VA atau 1300VA.

“Yang 900 itu kita akan survei apakah bisa dinaikan ke 1300 VA, tarifnya kesepakatannya tidak naik, tetap gunakan tarif 900 dan peningkatan daya. Tidak ada biaya apa-apa sih,” kata Jonan. (DS/yi)