Menpan-RB Luncurkan Aplikasi E-Government dengan Sejumlah Inovasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. (foto: korpri.id)

INFONAWACITA.COM – Aplikasi e-Government (e-gov) yang bersinergi dengan seluruh kementerian dan lembaga di tanah air telah resmi diluncurkan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abrur meresmikannya di Gedung Kemenpan-RB di Jakarta, Rabu (4/10).

Seperti dilansir dari RRI, Asman menyatakan dengan aplikasi e-gov birokrasi pemerintahan di Indonesia semakin efisien dan efektif. Sebab seluruh kedisiplinan administrasi pegawai negara beserta informasi tentang tunjangan jabatan ada di dalam e-gov.

“Kami melaunching e-gov ini untuk menegaskan bahwa Kemenpan-RB sudah move on ke zona kompetitif agar pemerintahan yang efektif dan efisien juga akuntabel dapat dimiliki oleh seluruh aparatur negara. Aplikasi e-gov dapat juga diakses oleh masyarakat luas karena ini transparan,” tutur Asman dalam sambutannya.

Kemenpan RB, menurut Asman, merupakan penggerak utama dalam penerapan e-gov.  Diharapkan seluruh lembaga dan kementerian bersinergi sehingga informasi yang cepat dan akurat dapat disampaikan kepada stakeholder tertentu yang sedang menunggu pelayanan dari instansi tertentu.

Inovasi dalam e-gov

Kemenpan-RB melakukan sejumlah inovasi dalam aplikasi e-gov. Asman mengatakan, di antaranya e-Office,  e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-performance, dan SIJAPTI.

“E-Office adalah sebuah sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian juga layanan penugasan dan tata usaha. Sedangkan e-Salam yaitu sistem aplikasi layanan Kementerian PAN-RB yang berbasis web untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat pada stakeholder misalnya tentang penetapan hari libur nasional, penetapan tunjangan kinerja, tunjangan fungsional semuanya ada,” ucap Asman.

Kemudian ada e-Karpeg yakni kartu elektronik pegawai. Melalui inovasi ini, setiap pegawai akan termonitor keberadaanya dalam hal keluar masuk ruang kerja. Dengan e-Karpeg, tidak ada lagi pegawai yang bisa membolos di jam kerja.

“Sedangkan e-Data merupakan data seluruh pegawai yang terintegrasi oleh BKN. Mulai dari data pegawai yang baru masuk hingga data pegawai menjelang masa purna sehingga pegawai tidak lagi kebingungan mengurus pensiunnya,” terang Asman. (*)