Mahfud MD: KPK Tak Usah Grogi dengan SPDP Atas Komisionernya

Ilustrasi (foto: kabar.news)

INFONAWACITA.COM – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menenangkan KPK untuk tidak risau dengan diterbitkannya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Bareskrim Polri terhadap dua Komisioner KPK atas laporan dari kuasa hukum Setya Novanto tentang pemalsuan surat.

Menurut Mahfud keluarnya SPDP juga tidak selalu terbukti sebagai tindak pidana.

“KPK tak usah grogi dengan SPDP atas 2 komisionernya. Bareskrim memang harus memproses setiap laporan yang masuk. Ujungnya, yang dilaporkan itu tak selalu terbukti sebagai tindak pidana. Jalan terus, buru korupsi e-KTP,” kata Mahfud MD dalam akun twitternya pada Kamis (9/11).

Ketua KPK Agus Raharjo pun memastikan jika keluarnya SPDP atas dua komisionernya tidak serta-merta bisa mengendurkan KPK untuk terus mengusut tuntas kasus mega korupsi KTP el.

“Untuk kasus e-KTP-nya sendiri, KPK pasti akan jalan terus. Proses penyidikan baru telah dimulai,” kata Agus seperti dikutip dari Okezone.com┬ápada (9/11).

Sebelumnya dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo dan Saut Situmorang, dilaporkan oleh salah satu kuasa hukum Setya Novanto, Sandy Kurniawan ke Bareskrim Mabes Polri.

Kedua pimpinan KPK tersebut dilaporkan atas dugaan tindak pidana membuat surat palsu atau memalsukan surat dan menggunakan surat palsu dan/atau penyalahgunaan wewenang.

Bareskrim Mabes Polri pun telah menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) terhadap dua pimpinan lembaga antirasuah tersebut per 7 November 2017. (*/DS/yi)