Lantik 9 Pejabat Kejaksaan Agung, Prasetyo: Prioritaskan Kasus Korupsi

Jaksa Agung RI Muhammad Prasetyo melantik 9 Pejabat Kejagung RI pada Rabu (15/11). (foto: Infonawacita.com/Desy Selviany)

INFONAWACITA.COM – Jaksa Agung RI Muhammad Prasetyo melantik 9 pejabat Kejaksaan Agung di Gedung Kejagung RI, Jakarta, Rabu (15/11). Pada sambutannya Jaksa Agung menitipkan kasus korupsi menjadi perhatian khusus bagi ke-9 pejabat eselon IA dan IB yang baru dilantik tersebut.

Jaksa Agung menegaskan, pemberantasan korupsi perlu diteruskan untuk mencapai tujuan dari Nawacita yang digagas Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Prasetyo menjelaskan jika arah pembangunan pemerintah saat ini sudah sangatlah tepat. Dimana pembangunan berorientasikan untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Misalnya saja dengan gencarnya berbagai pembangunan di bidang infrastruktur berkarakter Indonesia sentris yang kini sedang digenjot pemerintah.

“Beberapa program yang berhasil dilaksanakan semakin meneguhkan arah pembangunan jika ini sudah berada di jalan yang benar,” kata Prasetyo saat memberikan sambutannya dalam pelantikan tersebut.

Penguatan Hingga Daerah
Suasana pelantikan para pejabat baru di lingkungan Kejaksaaan Agung oleh Jaksa Agung HM Prasetyo di Jakarta, 15 November 2017. (foto: Kejaksaan Agung)

Namun, kata Prasetyo, saat pembangunan sudah berjalan di arah yang benar tersebut pemerintah harus menghadapi segala macam kendala yakni tindak pidana korupsi. Pembangunan yang kini Indonesia sentris, kata Prasetyo, bukan hanya membuat peluang korupsi terbuka di pemerintah pusat, namun juga terbuka di pemerintah daerah bahkan hingga desa.

“Berbagai bentuk penyelewengan terjadi bukan hanya di tingkat pusat tapi juga bahkan hingga desa,” kata Prasetyo mengingatkan.

Maka, Prasetyo menambahkan, tidak ada pilihan lain untuk para pejabat Kejaksaan Agung yang kini baru dilantik selain memprioritaskan penegakan hukum tindak pidana korupsi yang selama ini menjadi harapan besar masyarakat Indonesia.

“Maka tiada pilihan lain bagi kita untuk memperkuat dan merevitalisasi Satuan Tugas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi (Satgassus P3TPK) agar bekerja lebih giat dan keras lagi mengungakap tindak pidana korupsi secara profesional, proporsional dan terukur dalam pelaksanaannya,” kata Prasetyo.

Mereka yang dilantik

Sejumlah pejabat di Kejaksaan Agung yang baru dilantik ialah Arminsyah sebagai Wakil Jaksa Agung; Adi Toegarisman sebagai JAM Pidsus; Jan S. Marinka sebagai JAM Intel; Yusni sebagai JAM Pengawasan; Loeke Larasati Agoestina sebagai JAM Datun; Setia Untung Arimuladi sebagai Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI.

Sementara, tiga Staf Ahli Jaksa Agung yang dilantik yakni Agus Riswanto untuk bidang Intelijen, Sudung Situmorang untuk bidang Tindak Pidana Khusus, serta Feri Wibisono untuk bidang Pembinaan. (DS/yi)