Kementerian ESDM Nyatakan Penyederhanaan Golongan Listrik Untungkan UMKM

Ilustrasi (foto: berdemokrasi.com)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah dan PLN sedang menggodok penyederhanaan golongan listrik rumah tangga nonsubsidi. Hal ini guna membantu produktivitas masyarakat dalam menggunakan listrik sehari-hari salah satunya masyarakat yang memiliki Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana menyebut jika UMKM pasti akan diuntungkan dengan kebijakan ini. Sebab, selama ini UMKM rata-rata adalah pelanggan golongan 1.300 VA hingga 3.300 VA.

“Dengan kenaikan daya tanpa tambahan biaya dan tanpa kenaikan tarif per kWh, UMKM dapat berkembang karena bisa memperoleh daya listrik yang lebih besar tanpa mengeluarkan biaya tambahan,” kata Dadan seperti termuat dalam rilisnya pada Minggu (12/11).

Selain itu, program penambahan dan pembangunan pembangkit listrik yang sedang dikerjakan oleh pemerintah juga akan bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat.  Selama ini, keterbatasan daya listrik akibat pembatasan golongan mengakibatkan daya listrik lebih banyak dinikmati oleh dunia usaha besar dan pelanggan golongan industri saja.

Nantinya, Kementerian ESDM menyebutkan, hanya akan terdapat 3 golongan pelanggan listrik rumah tangga nonsubsidi. Yakni, pelanggan listrik nonsubsidi 4.400 VA dan 13.000 VA serta pelanggan listrik nonsubsidi 13.000 VA ke atas (loss stroom).

Pembahasan mengenai teknis pengaturan penyederhanaan golongan pelanggan dan daya listrik tersebut secara detail masih dibahas oleh Kementerian ESDM dan PT PLN. Selanjutnya akan disosialisasikan kepada publik sebelum diberlakukan. (DS/yi)