Kebijakan PNS bagi Atlet Berprestasi Sedang Dikaji

Menpan-RB Asman Abnur. (foto: Bagus Prihantoro/detikcom)

INFONAWACITA.COM – Harapan bagi para atlet berprestasi untuk dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) boleh menebal. Pasalnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan tengah melakukan pengkajian.

“Sekarang sedang kita rumuskan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” katanya di Jakarta, Rabu (4/10, usai peluncuran E-Govt, dikutip dari Antara.

Asman Abnur mengatakan, fasilitas ini diberikan mengingat jasa yang telah diberikan para atlet yang berprestasi di tingkat internasional tersebut kepada negara.

Menurut dia, penempatan para atlet berprestasi tersebut nantinya dapat di Kementerian Pemuda dan Olah Raga maupun di dinas-dinas daerah.

“Karena keahliannya itu dibutuhkan nanti apakah menjadi pelatih di dinas olahraga daerah atau di tingkat nasional,” katanya.

Hasil tes CPNS

Masih dari laporan Antara, dalam kesempatan tersebut ia mengomentari hasil tes CPNS periode I 2017. Menteri Asman Abnur mengungkapkan terjadi ketimpangan antara daerah Jawa dengan luar Jawa dalam kelulusan hasil tes CPNS periode I.

“Ternyata tingkat kelulusan di Jawa dengan di luar Jawa itu berbeda sekali dan rata-rata kelulusan di daerah itu ada yang sampai tiga persen ada yang dua persen, di bawah tiga persen. Sementara Yogyakarta yang tertinggi 24 persen,” katanya menjawab pertanyaan wartawan terkait hasil tes CPNS periode I.

Menyikapi hasil tersebut, Abnur mengatakan, pihaknya kini melakukan evaluasi terhadap fakta itu. (*)