Ke Prancis, Ditjen EBTKE Pelajari Pengembangan Energi Arus Laut

Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana melakukan kunjungan lapangan ke salah satu perusahaan yang mengembangkan energi arus laut, yaitu Naval Energies, di Cherbourg, Perancis pada Kamis, 9 November 2017. Energi arus laut yang dikembangkan oleh Naval Energies memiliki teknologi turbin sederhana, yaitu hanya memiliki satu bagian yang bergerak menggunakan air laut sebagai pelumas. Dengan teknologi ini, biaya operasi dan pemeliharaan lebih rendah jika dibandingkan menggunakan teknologi propeller. (foto: Ditjen EBTKE)
Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) menjadi fokus Pemerintah. Di samping itu, harga yang kompetitif juga menjadi hal penting agar tarif listrik terjangkau bagi masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi, efisiensi untuk menghasilkan tenaga listrik yang bersumber dari EBT adalah sebuah keniscayaan. (foto: Ditjen EBTKE)
Dengan menggunakan OpenHydro Open-Centre Turbine yang memiliki diameter 16 meter dan kecepatan arus sebesar 2-5 meter per detik, akan didapatkan listrik sebesar 2 mega watt (MW). Dalam pengembangannya, turbin dapat dirangkai secara seri untuk mendapatkan kapasitas yang optimal. (foto: Ditjen EBTKE)