Kabupaten Malang Asuransikan 1.500 Nelayan

Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ed/nz/15)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah Kabupaten Malang mengasuransikan 1.500 nelayan setempat. Program ini untuk memberikan perlindungan kepada nelayan dari risiko kerja saat melaut, sebagai salah satu bantuan kesejahteraan sosial bagi para nelayan.

“Harapan kami, pada tahap awal ini kami bantu preminya dan pada akhirnya nanti bisa mengikuti program asuransi secara mandiri,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang Endang Retnowati, dilansir dari Antara, Minggu (12/11).

Pemberian bantuan asuransi tersebut berdasarkan SPPBJ No 1211/PL.420.D4/PPK/VI/2017. Perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan, yakni PT Asuransi Jasindo (Persero).

Bantuan premi asuransi tersebut diberikan kepada nelayan kecil yang melakukan penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, baik yang menggunakan atau tidak menggunakan kapal penangkapan ikan dengan ukuran maksimal 10 GT.

Selain itu, lanjut Endang, nelayan yang berhak mendapatkan bantuan asuransi tersebut adalah nelayan tradisional yang melakukan penangkapan ikan di perairan yang merupakan hak perikanan tradisional secara turun-temurun sesuai dengan budaya dan kearifan lokal setempat.

Endang menerangkan, risiko kerja yang dijamin dengan bantuan asuransi tersebut adalah jaminan kematian kecelakaan di laut sebesar Rp 200 juta, kecelakaan di darat Rp 160 juta, cacat tetap atau hilangnya bagian dan fungsi anggota badan dengan biaya pengobatan maksimal Rp 20 juta.

Bantuan kecelakaan di darat sebesar Rp 160 juta untuk nelayan berusia 17 sampai 45 tahun, Rp 40 juta mulai usia 46 hingga 55 tahun, dan Rp 20 juta mulai usia 55 hingga 65 tahun.(AR)