Inilah 4 Prioritas Kemenpora untuk Menuju Kejayaan Sepak Bola Nasional

INFONAWACITA.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menetapkan empat prioritas pembangunan sepak bola di Indonesia dalam rangka mewujudkan kejayaan sepak bola Tanah Air.

Gagasan tersebut merupakan hasil dari peruncingan rencana yang akan diimplementasikan pada tahun 2017. Sesuai dengan arahan Presiden dalam Rapat Terbatas sepekan lalu tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional.

Berikut empat prioritas yang dimiliki Kemenpora dalam pembangunan sepak bola nasional. Prioritas pertama yaitu pembinaan sepak bola sedini mungkin, dengan mengadakan kompetisi juga pembinaan berbagai jenjang. Dimulai dengan pembinaan sepak bola di sekolah- sekolah hingga membuat kompetisi jenjang U-10 hingga U-18, Liga Pelajar dan Liga Mahasiswa.

Prioritas kedua, pembenahaan sistem dan tata kelola sepak bola. Kemenpora akan berkoordinasi serius dengan PSSI guna mengawal dan memperbaiki sistem dalam mengelola sepak bola Indonesia melalui road map pengembangan sepak bola.

“Kini koordinasi dan komunikasi antara Kemenpora dan PSSI sudah baik, sesuatu yang tidak terjadi sebelumnya,” ujar Kemenpora Senin, (6/2).

Selain itu masih ada prioritas ketiga dan keempat berupa pembenahan manajemen klub dan penyediaan infrastruktur olahraga. Target yang dimiliki Kemenpora 2017 ini akan membangun seribu lapangan olahraga di desa-desa.

Sepak bola merupakan olah raga yang populer di masyarakat. Maka dari itu Kemenpora mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mengawal dalam memperbaiki sepak bola Indonesia yang tentu membutuhkan sinergi kuat bersama dengan kementerian lain, lembaga dan stakeholder terkait. (RA)