Halmahera Selatan Mulai Kerjakan Proyek Listrik Geothermal

Ilustrasi (Foto: jendeladenngabei.blogspot.com)

INFONAWACITA.COM – Pemkab Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) memulai tahap pekerjaan proyek pembangkit listrik geotermal atau panas Bumi di Desa Songa-Wayau, Kecamatan Bacan Timur Tengah.

Seluruh tahapan persiapan proyek listrik panas bumi ini telah rampung, termasuk survei dan sosialisasi oleh Kementerian ESDM. Demikian disampaikan Sekretaris PUPR Kabupaten Halsel Ali Hasan di Ternate, Sabtu (11/11).

“Tentunya akan disesuaikan dengan perencanaan yang matang dan sudah dimulai pekerjaan bangunannya akan segera dimulai disertai survei dan sosialisasi sudah dilakukan beberapa waktu lalu,” ujar Ali.

Ditambahkan Ali, masih ada beberapa kekurangan data pendukung, namun semuanya telah dipenuhi oleh Pemda Halmahera Selatan. Proyek pembangkit listrik geothermal yang dibangun Kementerian ESDM tersebut untuk tahap awal, berkapasitas 5 Mega watt.

“Untuk tahap awal itu yang dibangun itu kapasitasnya 5 MW dari total 149 MW yang tersedia,” katanya.

Dia mengakui, Pemab Halmahera Selatan juga telah mengusulkan tambahan daya 5 MW, meski begitu, usulan tersebut belum dapat dipastikan apakah dapat diterima atau tidak.

“Kita ada usulkan tambahan 5 MW jadi kalau disetujui maka yang dibangun nanti berkapasitas 10 MW dan berharap usulan itu dapat diterima,” katanya.(AR/ANT)