Di KTT APEC, Trump Puji RI Berhasil Padukan Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi

The 25th APEC Economic Leader's Meeting di Da Nang, Vietnam, 11 November 2017. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Amerika Serikat Donald Trump di KTT APEC yang berakhir Sabtu (11/11) kemarin memuji keberhasilan Indonesia memadukan antara pertumbuhan dan pemertaan ekonomi

KTT APEC ke-25 berlangsung di Da Nang, Vietnam. Presiden Donald Trump memuji Indonesia saat berpidato dalam pembukaan APEC bahwa Indonesia selama beberapa dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola hingga dari 13.000 pulau.

Menurut Trump, sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengeluarkan diri mereka dari kemiskinan untuk menjadi negara dengan pertumbuhan pesat di G20, apalagi Indonesia saat ini adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

“Kita ingin agar tampil sebagai negara yang bisa mengkombinasikan antara pertumbuhan dan pemerataan ekonomi dan bertumpu pada UMKM, ini yang coba ditampilkan dalam pesan Presiden karena itu sejalan dengan inklusivitas pembiayaan yang menunjang pertumbuhan kita,” ungkap Wakil Menteri Luar Negeri A. Fachir.

Inklusivitas ekonomi itulah yang menurut Fachir juga sesuai dengan tema APEC 2017 yang dibuat oleh Vietnam yaitu “Creating New Dynamism and Fostering a Shared Future”.

Presiden Jokowi sendiri dalam kesempatan itu menegaskan perlunya inklusivitas karena bisa jadi teknlogi informasi pun bisa menciptakan gap dan Indonesia dinilai berhasil menyeimbangkan dan mengkombinasikan antara pertumbuhan dan equity, antara lain misalnya melalui social safety net (BPJS), pembagian KIP (Kartu Indonesia Pintar), KIS (Kartu Indonesia Sehat) itu dinilai mengkombinasikan pertumbuhan dan distribusi kemakmuran serta mengurangi gap itu.

Ada 21 pemimpin anggota APEC yang hadir antara lain Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Justin Trudeau, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto.(AR/ANT)