Berkah Dana Desa, Warga Aek Nabara Nikmati Listrik

Ilustrasi peningkatan distribusi listrik oleh PLN (foto: republika)

INFONAWACITA.COM – Warga Desa Aek Nabara, di Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal bersukacita. Hal ini karena desa mereka sekarang terang benderang setelah masuknya listrik ke wilayah itu.

Kepala Desa Aek Nabara, Mahdi Nasution, Sabtu (11/11) mengatakan, sejak adanya dana desa para warga desa Aek Nabara yang berdomisi di Aek Gorsing sudah banyak mendapat pembangunan baik itu pembangunan jalan poros desa hingga jalan meunju sentra produksi, gudang desa serta gudang kopi dan lampu penerangan listrik.

“Selain sumber listriknya dari pembangkit listrik tenaga air kini lampu tenaga surya juga telah dipasang di Aek Gorsing, ini semua untuk menyikapi keluhan para warga kita” kata Mahdi.

Ia mengatakan, penambahan lampu listrik tenaga surya ini dilakukan sebagai upaya penambahan penerangan bagi para 18 kepala keluarga yang ada di desa itu. Di mana selama ini pembangkit tenaga listrik yang bangun pada tahun 2016 yang lalu selain mengalami kekurangan daya juga sering mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

“Atas hal itu kini sebanyak lima unit listrik tenaga surya sudah kita pasang,” sebutnya.
Sedangkan untuk peningkatan sektor ekonomi di desa penghasil kopi arabica tersebut juga telah dibangun gudang-gudang, baik itu gudang desa maupun gudang penyimpanan kopi bagi masyarakat.  Selain itu untuk memudahkan akses para penduduk menuju sentra produksi kopi jalan-jalan rabat beton juga telah dibangunkan.

Sementara itu, warga masyarakat desa Aek Nabara, Syahlan Nasution mengatakan, dengan adanya penerangan listrik pada desa tersebut membuat warga bersemangat. Selama ini desa yang berada di tengah hutan tersebut gelap gulita.(AR/ANT)