5 Hal “Serba Pertama” di Era Pemerintahan Jokowi

Presiden Joko Widodo setelah meresmikan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi II-VI ruas Parbarakan-Sei Rampah, Jumat 13 Oktober 2017. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam tiga tahun terakhir terus fokus menggenjot infrastruktur dan melakukan percepatan pembangunan yang tujuan utamanya untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam beberapa hal, pembangunan yang dilakukan pemerintahan Jokowi bahkan menjadi penanda sebagai kali pertama dilakukan di Indonesia. Berikut lima hal “serba pertama” di era pemerintah Jokowi, dirangkum dari berbagai sumber:

Resmikan Tol Pertama di Sumatera Selatan: Presiden Jokowi, Kamis 12 Oktober 2017 lalu meresmikan jalan tol pertama di Provinsi Sumatera Selatan. Jalan tol ini adalah Palembang-Indralaya Seksi I, yang menghubungkan Palembang-Pamulutan sepanjang 7,8 kilometer (km).

Presiden Jokowi dalam peresmian Tol Palindra, Kamis (12/10). (Foto: poskotanews.com)

Sebelumnya, proyek tol Palembang-Pamulutan sudah didatangi Jokowi empat kali. Karena proses pembangunan jalan tol tersebut yang membutuhkan perlakuan khusus. “Kenapa tol ini saya datang? Ini sudah empat kali karena di sini konstruksinya khusus, biayanya dibanding dengan tol yang lain hampir 1,5 kali lipat karena harus nguruk 7 meter,” tutur Jokowi.

Kehadiran Jokowi diyakini dapat memberikan semangat dan motivasi agar pembangunan jalan tol tersebut selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang

Resmikan PLTG Pertama dan Tercepat Pembangunannya di Gorontalo: Presiden Jokowi 3 Juni 2016 meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Dual Fuel Gorontalo dengan kapasitas 100 MW. Proyek PLTG ini juga dibangun dengan cepat, hanya dalam waktu enam bulan.

Presiden Jokowi saat meresmikan PLTG Gorontalo 100 MW (Foto: manadosatunews.com)

PLTG yang berlokasi di desa Maleo, Kecamatan Paguat, Gorontalo ini merupakan proyek pembangkit listrik pertama yang telah beroperasi dari program pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, PLTG Gorontalo telah melayani kebutuhan listrik masyarakat secara penuh sejak 11 April 2016. Bahkan pada Januari lalu, PLTG Gorontalo sudah bertahap masuk sistem. Dengan masuknya PLTG Gorontalo ini, akan menjadi jawaban kebutuhan listrik di wilayah Sulutgo dan mampu meningkatkan rasio elektrikfikasi di Gorontalo hingga 84,4 persen.

 

Resmikan Masjid Raya Pertama di Ibukota: Presiden Jokowi meresmikan Masjid Raya Hasyum Asy’ari di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, 15 April 2017 lalu. Peresmian masjid ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung pemenuhan hak warga untuk beribadah.

Presiden Jokowi saat meresmikan Masjid Raya Hasyim Asy’ari, di Jakarta Barat. (Foto: rmol.co)

“Pemerintah dukung hak warganya beragama dan beribadah. Sewaktu Gubernur DKI, saya yang meletakkan batu pertama pada tahun 2013, sebelum ini Jakarta belum punya masjid raya,” kata Jokowi saat peresmian. pungkas Jokowi saat meresmikan masjid.

Jokowi mengungkapkan kekagumannya pada arsitektur masjid yang penuh ornament Betawi. Menurut Jokowi pembangunan masjid merupakan kerja sama Pemprov yang didukung DPRD sehingga dalam tiga tahun bisadiselesaikan. “Ini bukti ada komitmen pemerintah tidak hanya ekonomi tapi juga kehidupan beragama,” tegas Jokowi.

 

Resmikan Pembangunan LRT dan MRT Pertama di Indonesia: Pada 9 September 2015, Presiden Jokowi meresmikan pembangunan tahap pertama kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di Indonesia, tepatnya di ibukota Jakarta. Indonesia dalam hal transportasi massal disebut Presiden Jokowi memang tertinggal cukup jauh, hingga 20 tahun. Bahkan kalah dengan negara-negara tetangga yang telah memiliki sistem transportasi massal yang terintegrasi.

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan proyek MRT di Jakarta, Kamis (23/2). (foto: INTAN/BIRO PERS SETPRES)

Proyek pembangunan LRT itu diperkirakan akan selesai dan mulai beroperasi pada 2018 mendatang. LRT adalah salah satu moda transportasi masal berbasis rel yang ramah lingkungan dan pembangunannya dilakukan secara elevated di atas tanah ruang milik jalan tol dan non-tol. Pembangunan LRT ini diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan.

Sebelumnya, semasa masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan konstruksi sarana transportasi massal (Mass Rapid Transit/MRT) di Dukuh Atas, Jalan Tanjung Karang, Jakarta Pusat, Kamis.

“Selama 24 tahun warga Jakarta ini mimpi punya MRT, 24 tahun itu mungkin sudah banyak mimpinya sehingga hilang karena harapannya punya MRT belum dimulai-mulai. Alhamdulillah pada hari ini akan dilaksanakan `groundbreaking` pembangunan MRT dan akan selesai pada 2018,” ujar Joko Widodo.

Resmikan Pelepasan Satelit Pertama Buatan Indonesia: Pada 3 September 2015, Presiden Jokowi meresmikan pelepasan Satelit LAPAN A2/Orari di Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rancabungur, Bogor, Jawa Barat. Ini adalah satelit pertama yang seluruh prosesnya dikerjakan di Indonesia.

Presiden Jokowi saat mengunjungi LAPAN.(Foto: tempo.co)

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengungkapkan, satelit LAPAN 02/Orari merupakan satelit dengan 80 persen eksperimen, dan 20 persen operasional. Selain satelit, Lapan juga memiliki sejumlah program utama lain seperti pesawat tanpa awak (drone), dan pengembangan teknologi bank data.

“Kami berharap ini bisa mendukung kemajuan dan kemandirian Indonesia,” ujar Thomas.
Satelit LAPAN A2 adalah satelit mikro berdimensi 50 x 47 x 38 sentimeter dan berbobot 78 kilogram. Keunggulannya, satelit ekuatorial akan melintasi wilayah Indonesia 14 kali sehari, sedangkan satelit polar hanya 4 kali sehari.

Satelit A2 dilengkapi sejumlah instrumen yang lebih baik daripada A1, seperti kamera digital dan kamera video analog untuk memotret muka Bumi beresolusi 4 meter dan lebar sapuan 7 km. Resolusi kamera A1 hanya 6 m dan lebar sapuannya 3,5 km. Kamera itu bisa untuk memantau perubahan tata guna lahan. Instrumen lain adalah Automatic Identification System (AIS) untuk memantau pergerakan kapal laut, eksplorasi sumber daya laut dan perikanan, serta operasi keamanan laut.

 

Luncurkan Kapal Ternak Pertama: Presiden Jokowi meresmikan kapal angkutan khusus sapi KM Camara Nusantara I di Galangan Kapal PT Adiluhung Saranasegara Indonesia, Bangkalan, Madura, Jawa Timur pada 10 November 2015 lalu.

Kapal ternak merupakan bagian dari realisasi konsep Tol Laut Presiden Jokowi (Foto: detik.com)

Kapal yang bisa mengangkut ternak sapi sebanyak 500 ekor sapi ini merupakan yang pertama di Indonesia, dibuat di Indonesia. Kapal ini milik kementerian perhubungan (Kemenhub). Rute kapal ternak ini yaitu Kupang-Bima-Tanjung Perak-Tanjung Emas-Cirebon-Kupang,” katanya.

Kapal ternak harus memiliki standar khusus dunia, yaitu ternak tidak boleh stres, tidak boleh tertekan. Jokowi menyambut baik kapal ternak ini karena bila menggunakan perjalanan darat, sapi banyak yang lemas.

“Kiriman sapi dari NTT pakai truk sampai di Jakarta sapinya lemas semuanya karena perjalanan yang sangat panjang dan posisi sapinya tidak pada posisi yang baik,” ujar Jokowi.
Kapal ternak ini juga sebagai salah satu penanda program Jokowi tentang tol laut satu demi satu tercapai. “Sesuai dengan target kapal yang menghubungkan antar pulau disebut tol laut, satu demi satu sudah diresmikan,” ujar Jokowi.(AR)