10 Kabupaten/Kota Dinobatkan Sebagai Kota Layak Pemuda

Menpora Imam Nahrawi saat menyerahkan anugerah Kota Layak Pemuda 2017, di Padang, Sabtu (28/10) malam. (Foto: Tribunnews.com)

INFONAWACITA.COM – Sebanyak 10 kabupaten/kota di Indonesia dinobatkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai  Kota Layak Pemuda tahun 2017. Penganugerahan dilangsungkan di Padang, Sabtu (28/10) malam.

Dari 10 penghargaan yang diserahkan sembilan di antaranya disematkan kepada kota, yakni Bandung, Jawa Barat, Jakarta Utara (DKI Jakarta), Makassar (Sulawesi Selatan), Padang (Sumatera Barat), Tangerang (Banten), Ternate (Maluku Utara), Banda Aceh (Aceh), Pontianak (Kalimantan Barat) dan Tangerang Selatan (Banten).

Sementara satu-satunya kabupaten yang dinobatkan layak pemuda untuk tahun 2017 adalah Bantaeng (Sulawesi Selatan). Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengatakan 10 kabupaten dan kota tersebut dinobatkan layak pemuda karena memiliki indikator regulasi, fasilitas, dan kemudahan akses untuk para pemuda beraktivitas, berwirausaha serta mengembangkan bakat.

“Mereka terpilih oleh tim independen karena dinilai memiliki kesungguhan dan keseriusan daerah-daerah tersebut dalam berperan dalam kepemudaan yang merupakan tonggak utama perkembangan wilayah,” ujar Imam ditemui selepas malam penganugerahan.

Imam mengharapkan dengan terpilihnya 10 kabupaten dan kota tersebut menjadi daerah yang layak pemuda, menjadi dorongan bagi daerah-daerah lainnya agar kebijakan-kebijakannya pengembangan infrastruktur, anggaran dan kepemudaan betul-betul mengarah pada perkembangan positif kepemudaan sebagai penerus bangsa.

“Seiring dengan Peraturan Pemerintah (PP) 66/2017 tentang fasilitas pelayanan kepemudaan sehingga sekarang pelibatan pemuda sebagai subjek program bukan semata tanggung jawab Kemenpora sebagai penanggung jawabnya, tapi juga kementerian, lembaga lain dan masyarakat seluruhnya,” kata dia.

Selain mendapatkan piagam dan piala seluruh kabupaten/kota penerima Anugerah Kabupaten/Kota Layak Pemuda tahun 2017 juga akan mendapatkan uang pembinaan senilai Rp100 juta.(AR/ANT)